Semakin meratanya akses internet di masyarakat membawa banyak manfaat di berbagai hal. Termasuk juga dalam bisnis penjualan. Adanya akses online yang semakin meluas menjadikan cara berjualan juga semakin beragam. Beragamnya metode jualan online tentunya membuka juga potensi tingkat penjualan yang semakin tinggi.

Salah satu diantara metode jualan online yang banyak orang pakai dan memiliki konversi yang cukup bagus adalah menggunakan whatsapp. Seperti yang kita ketahui whatsapp saat ini bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling populer yang dipakai orang. Bahkan hampir sebagian orang Indonesia yang memiliki smartphone menginstall whatsapp di smartphonenya tersebut.


Masifnya jumlah pengguna whatsapp tentu merupakan sebuah prospek yang bagus untuk usaha jualan kita. Dengan strategi jualan yang tepat maka kita bisa menjadikan whatsapp sebagai mesin uang kita.


Untuk strategi jualan di wa sendiri cukup beragam dari yang cukup simpel hingga yang kompleks. Yang perlu diingat saat kita akan menggunakan whatsapp untuk tujuan bisnis entah itu jualan atau apapun itu sebaiknya gunakanlah wa bisnis. Karena penggunaan wa bisnis ini akan memudahkan kita nantinya dalam mengelola online shop kita.


Salah satu cara jualan di whatsapp misalnya adalah dengan membuat sebuah grup whatsapp dengan tema tertentu yang anggotanya sudah tertarget. Misalnya saja grup whatsapp tentang mancing, nah kemudian buatlah grup tersebut aktif dan interaktif antar anggotanya. Jika sudah maka kita bisa memulai untuk menjual produk atau jasa kita di grup whatsapp tersebut. Usahakan produk yang kita jual adalah produk yang masih berhubungan dengan tema grup wa tersebut sehingga lebih tertarget dan kemungkinan terjadinya konversi penjualan semakin tinggi.


Cara lain misalnya saja dengan kita aktif menggungga story wa yang berisi jualan kita. Semakin banyak yang melihat tentunya semakin besar peluang terjadinya penjualan. Untuk itu kita perlu membangun kontak atau relasi dengan bagus. Namun yang perlu diperhatikan dalam pembuatan story wa ini sebaiknya janganlah monoton hanya jualan saja sebaiknya diselingi hal hal lain sehingga orang tidak bosan.


Ada kalanya jika dibutuhkan kita bisa mengirim broadcast untuk menawarkan promo atau yang sejenisnya. Usahakan dalam membuat broadcast ini semenarik mungkin dan menarik minat pelanggan. Dan pastikan broadcast yang kita sebarkan tidak bersifat mengganggu karena jika hal tersebut yang terjadi justru bisa jadi bumerang untuk usaha kita.


Dan sama juga seperti jualan dengan media media lainya saat berjualan lewat whatsapp kita juga perlu memperhatikan soal pelayanan yang diberikan. Dari mulai bagaimana kita berinteraksi dengan pelanggan, kecepatan dan ketepatan dalam merespon pertanyaan harus kita perhatikan betul jika ingin tingkat penjualan optimal.


Dan untungnya saat ini untuk menjadikan customer service kita lebih cepat dalam merespon pelanggan sudah lebih mudah. Hal ini karena sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah selly yang merupakan aplikasi keyboard berbasis chat commerce dengan berbagai fitur untuk menunjang kegiatan jualan online Anda.


Dengan selly kita bisa membuat  autotext, cek ongkir, dan pesan kurir dari banyak ekspedisi hanya dari satu aplikasi saja . Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan menjadikan layanan kita lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan tak hanya untuk yang berjualan lewat wa saja akan tetapi juga oleh mereka yang berjualan lewat media lain sepeti LINE dan lain sebagainya.