Era ponsel pintar atau smartphone menjadikan fungsi dari sebuah ponsel semakin beragam. Sejak beberapa tahun yang lalu sebuah ponsel tak hanya berperan sebagai sebuah sarana komunikasi saja akan tetapi sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, termasuk juga sebagai sarana hiburan. Lewat smartphone kita bisa menikmati berbagai jenis tontonan baik yang sifatnya online maupun offline dengan lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja.


Akan tetapi meski mempunyai banyak keunggulan, kemampuan sebuah smartphone untuk menjadi sarana hiburan tetap saja ada batasnya. Dan batasan itu salah satunya adalah pada ukuran layar dari sebuah smartphone. Meski rata rata resolusi layar smartphone saat ini sudah tinggi dengan kualitas gambar yang bagus akan tetapi secara ukuran fisik tetap saja terbatas. Smartphone yang ada saat ini umumnya memiliki ukuran layar 6 inch atau maksimal 7 inch lebih sedikit.


Ukuran layar tersebut mungkin bagi sebagian orang sudah dianggap cukup untuk dipakai nonton film secara streaming dan keperluan hiburan lainnya. Akan tetapi bagi sebagian dari kita yang biasa nonton di layar berukuran besar maka ukuran 7 inch tentu saja dianggap kurang memuaskan. Untuk itu kita perlu menemukan solusi bagaimana bisa menjadikan smartphone yang berukuran layar cukup kecil ini terhubung dengan display lain seperti tv misalnya yang ukurannya  layarnya lebih luas.


Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut. Cara pertama adalah dengan menggunakan kabel data. Cara ini dilakukan tanpa menggunakan aplikasi apapun. Namun yang perlu kita perhatikan saat akan menyambung smartphone dengan tv menggunakan kabel data adalah soal port yang ada pada smartphone maupun tv. Untuk keperluan ini kita butuh beberapa buah kabel data diantaranya yaitu  Micro HDMI ke HDMI dan kabel MHL yang memiliki sambungan micro USB ke HDMI. 


Jika dirasa koneksi smartphone ke tv dengan menggunakan kabel cukup ribet dan butuh beberapa kabel yang mungkin saja tidak kita miliki maka pilihan selanjutnya yang bisa kita pakai adalah dengan menggunakan koneksi nirkabel atau wireless. Smart tv dan smartphone yang ada saat ini sudah memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut dengan mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur miracast. Adanya miracast memungkinkan kita untuk melakukan mirroring tampilan layar hp atau tablet ke smart tv. Miracast dapat melakukan streaming video dalam resolusi tinggi hingga 1080p, media dengan DRM seperti DVD, serta streaming konten premium yang bisa kita lihat dengan menggunakan miracast. Miracast ini bisa kita jalankan untuk berbagai jenis os seperti android maupun windows. Untuk miracast android minimal versi yang bisa kita gunakan adalah android 4.2 ke atas.


Dan sebagian besar smart tv keluaran terbaru saat ini sudah memiliki fitur miracast atau yang sejenisnya meski dengan nama berbeda. Salah satu contoh smart tv yang sudah memiliki miracast yang bisa kita pilih adalah TV miracast dari AQUA Japan yakni TV Aqua Japan LE50AQT9600.


Bukan tanpa alasan tentunya kita memilih tv ini. Selain memiliki fitur miracast android tv yang satu ini memiliki sejumlah fitur unggulan lainnya. Keunggulan tersebut misalnya dalam hal resolusi layar yang termasuk tinggi. Dengan layar 4K ultra HD tentu menjadikan display lebih jernih dan memuaskan untuk ditonton. Kontras dan rasio warna yang dimiliki juga terlihat lebih realistis. Dan layar dari TV Aqua Japan LE50AQT9600 juga tetap nyaman untuk dilihat baik dalam keadaan kekurangan cahaya ataupun kelebihan cahaya.