Tidur umumnya selalu membaca doa sebelumnya. Hal tersebut berlaku bagi semua umat beragama. Ini bertujuan agar dalam tidur kita tidak diganggu oleh makhluk lain selain manusia yang tentunya berasal dari dunia lain. Selain itu harapannya doa tersebut juga agar ketika tidur mimpinya tidak diberikan mimpi yang buruk. Masih banyak manfaat lain jika sebelum tidur selalu membaca doa tidur. Berikut sedikit ulasan perbandingan membaca doa tidur dan tidak membaca doa tidur Sebelum terlelap antara lain:

1. Tenang

Perbandingan membaca doa tidur dan tidak membaca doa tidur sebelum terlelap dapat terlihat dari ketenangan tidur. Jika tidur dalam kondisi tidak tenang gelisah salah satu faktor penyebabnya adalah belum membaca doa tidur. Doa tidur tidak hanya membacanya saja namun bisa ditambahkan juga dengan membaca surat pendek dari Alquran untuk menambah ketenangan.

2. Mimpi buruk

Mimpi buruk bisa saja terjadi akibat belum membaca doa tidur. Walaupun memang bukan menjadi salah satu faktor utama namun salah satu faktornya adalah belum membaca doa tidur. Bahkan tidur dalam kondisi ada masalah pun juga bisa mempengaruhi mimpi buruk saat tidur. Oleh karenanya jika membaca doa tidur setidaknya bisa menenangkan pikiran yang sedang gelisah dan meminimalisir terjadinya mimpi buruk.

3. Aman

Baca doa tidur juga dapat membuat tidur lebih aman dari gangguan orang yang berniat jahat. Tidak hanya itu saja Bahkan makhluk halus yang punya niat jahil dan jahat juga bisa terhindarkan. Dengan begitu posisi tidur kita juga yang lebih aman dan bisa membuka mata kembali dalam kondisi tenang. Sebab dalam beberapa kasus banyak yang mengalami gangguan dari makhluk halus sehingga tidur jadi tidak aman. Membaca doa tidur dapat meningkatkan keamanan dari gangguan makhluk halus karena memohon perlindungan dari Tuhan.

4. Tauladan Nabi

Membaca doa tidur Sebelum terlelap juga salah satu contoh tauladan nabi. Dengan melakukannya secara rutin sebelum tidur maka kita sudah meneladani yang dicontohkan oleh Nabi. Harapannya berkah kehidupan termasuk saat tidur juga bisa didapat serta perlindungan dari Tuhan juga tentunya diberikan saat tidur. Nabi merupakan orang yang istimewa yang diberikan kelebihan oleh Tuhan sehingga ketika meneladaninya harapannya bisa mendapatkan kasih sayang Tuhan yang sama.

5. Disiplin

Baca doa tidur sebelum telat juga membentuk kedisiplinan diri dari rutinitas positif. Artinya dengan rutinitas tersebut menjadikan kita lebih disiplin tetap mengingat Allah atau Tuhan hingga menjelang tidur. Kedisiplinan tersebut akan tetap berjalan dan bahkan di ikuti oleh anak keturunan kamu kelak. Yang menjadi sorotan utama adalah kedisiplinan untuk tetap mengingat Allah bahkan saat menjelang tidur.

6. Ibadah

Membaca doa tidur juga bagian dalam Ibadah sunnah. Walaupun tidak wajib namun tetap mendapatkan nilai kebaikan atau pahala. Secara akumulasi tentunya nilai pahala tersebut akan terkumpul dan bisa diperhitungkan saatnya kelak. Sedangkan jika tidak membaca doa tidur Walaupun memang tidak menjalankan ibadah secara sunnah namun tidak berdosa.

7. Tentram

Doa tidur yang dibaca setiap malam sebelum terlelap juga dapat membuat istirahat kamu jadi lebih tentram. Walaupun mungkin terkadang lupa dan tidak membaca doa tersebut bukan berarti tidurnya tidak tentram. Ketentraman yang dimaksud adalah selama kita terlelap kita tetap senantiasa dilindungi oleh Tuhan. Sehingga Tuhan selalu senantiasa mengawasi dan melindungi dari mulai terjaga hingga kamu terlelap.

Itulah sedikit ulasan mengenai perbandingan membaca doa tidur dengan tidak membacanya sebelum terlelap. Ulasan tersebut hanya sebagai gambaran dan tidak harus dijadikan referensi semua kembali kamu yang melaksanakan dan mendapatkan manfaatnya.