Meski bukan yang utama metode pembayaran seringkali menjadi penentu seseorang dalam memilih sebuah merchant untuk berbelanja. Orang tentu saja lebih memilih merchant yang memiliki metode pembayaran lengkap sehingga bisa memudahkan dalam proses pembayaran.


Diantara berbagai metode pembayaran yang ada salah satu yang cukup banyak dipilih adalah pembayaran dengan virtual account. Metode pembayaran ini dipilih karena beberapa kelebihan yang dimiliki


Salah satu kelebihan itu adalah karena pembayaran virtual ini otomatis terverifikasi sehingga pembeli tidak perlu lagi melakukan konfirmasi. Hal ini tentu jauh berbeda dengan pembayaran metode transfer manual dimana setelah pembayaran kita masih harus melakukan konfirmasi lagi atau setidaknya melakukan pembayaran dengan menambahkan angka unik tertentu yang terkadang merepotkan. Kelebihan lainnya yakni pembayaran bisa dilakukan secara akurat dan proses transaksi hanya butuh waktu yang singkat. Tak hanya untuk para konsumen saja, pembayaran dengan virtual account juga turut memudahkan pemilik merchant dalam hal pembukuan. Hal ini karena virtual account akan membantu Anda mengetahui penagihan atas nama siapa dan pembayaran atas nama siapa yang tertera pada transaksi tersebut.


Karena banyaknya konsumen yang menyukai pembayaran dengan virtual account ini maka akan lebih baik tentunya jika merchant menyediakan pembayaran dengan sistem yang satu ini. Dan untuk menyediakan pembayaran lewat virtual account sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Apalagi kini sudah ada beberapa payment gateway yang memungkinkan kita melakukan hal tersebut dengan cukup mudah dan cepat.


Adanya payment gateway ini memungkinkan kita untuk menerima pembayaran ke virtual account dan nantinya akan diteruskan ke rekening bank kita. Jadi untuk bisa menerima pembayaran lewat virtual account kita cukup menggunakan 1 buah rekening saja dan memanfaatkan payment gateway sebagai sarana penerima pembayaran.


Ada beberapa pilihan payment gateway yang bisa kita gunakan layanannya jika kita sebagai merchant ingin menerima pembayaran lewat virtual account. Salah satu yang bisa kita jadikan pilihan adalah midtrans.


Dengan pengalamannya dalam hal yang terkait dengan pembayaran selama kurang lebih 10 tahunan tentunya menjadikan midtrans layak untuk kita pertimbangkan. Terlebih lagi jika dilihat dari data yang ada saat ini sudah ribuan lebih pengusaha atau merchant yang menggunakan layanan midtrans ini.


Dan tak hanya bisa menggunakan virtual account saja dengan midtrans kita juga bisa menerima pembayaran dengan metode lainnya. Misalnya saja transfer ke rekening, lewat e-wallet atau kartu kredit dan beberapa metode pembayaran lainnya. Dan untuk menerima pembayaran dengan berbagai metode tersebut kita hanya perlu menggunakan satu rekening saja.

Payment gateway dari midtrans ini juga cukup mudah untuk digunakan. Dengan tampilan atau user interface yang tidak terlalu rumit menjadikan merchant maupun konsumen yang akan melakukan pembayaran cukup dimudahkan dalam bertansaksi.


Midtrans juga cukup concern dengan hal yang sangat penting dalam transaksi keuangan yakni masalah keamanan. Termasuk juga dalam hal ini keamanan data pelanggan. Kepedulian midtrans ini salah satunya ditunjukkan dengan mematuhi  peraturan dari PCI-DSS (Level 1) dan ISO 27001, yang merupakan standar pada industri pembayaran dan keamanan informasi. Midtrans juga memiliki sistem yang bisa melakukan deteksi terhadap anomali atau keanehan dalam sebuah transaksi. Dimana jika ada transaksi yang dicurigai merupakan transaksi fraud atau dicurigai merupakan penipuan maka transaksi tersebut akan ditahan atau ditangguhkan oleh midtrans dan kemudian midtrans menghubungi merchant / mitra kerja lewat telepon.