Melupakan merupakan pekerjaan yang lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan. Apalagi jika yang harus dilupakan tersebut adalah orang orang yang memiliki kesan cukup mendalam di kehidupan kita. Melupakan mantan misalnya.


Mantan terkadang memang menyakitkan. Bahkan pada beberapa orang rasa sakit akibat mantan ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang dan sulit untuk disembuhkan. Terkadang ada orang yang sampai mengalami depresi berkepanjangan gara gara kesulitan untuk melupakan mantan.


Akan tetapi tidak mudah bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan beberapa cara kita bisa sedikit demi sedikit untuk melupakan mantan. Adapun beberapa cara melupakan mantan yang bisa kita terapkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


Mendekatkan Diri Pada Tuhan

 Mendekatkan diri kepada Tuhan akan menjadikan kita memiliki kesadaran bahwa segala yang kita miliki pasti akan ada akhirnya termasuk juga mantan. Dan kita akan sedikit demi sedikit bisa ikhlas menerima keadaan kita dan melupakan mantan. 


Introspeksi

Melakukan introspeksi selain bisa kita gunakan untuk melupakan mantan juga bisa kita gunakan untuk menyadari apa saja kekurangan yang kita miliki atau kesalahan kesalahan apa saja yang kita lakukan. Setelah kita menyadari hal tersebut maka sedikit demi sedikit kita bisa mulai memperbaiki diri. yang perlu diingat introspeksi ini tidak sama dengan melakukan penyesalan yang berlarut larut.


Dan dengan introspeksi ini diharapkan nantinya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.


Lakukan Kegiatan Kegiatan Positif

Salah satu cara yang biasa orang lakukan untuk mulai melupakan mantan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya positif. Tak hanya kegiatan rutinitas harian seperti bekerja saja yang bisa kita lakukan. Akan tetapi kita juga bisa memulai hal hal baru yang sifatnya positif. Misalnya saja mulai menjalani hobi yang selama ini jarang kita lakukan, mulai menemukan hobi baru atau bisa juga mengikuti serangkaian kegiatan 


Dengan kesibukan kita melakukan serangkaian aktivitas ini maka sudah tidak ada waktu lagi bagi kita untuk memikirkan atau sekadar mengingat hal hal yang berhubungan dengan mantan. Akan tetapi kegiatan yang nilainya positif tersebut tetap harus kita lakukan secara proporsional tidak boleh berlebihan. Karena jika dilakukan secara berlebihan bisa saja merugikan kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental kita.


Buka Lembaran Hidup Baru

Membuka lembaran hidup yang baru bisa juga menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk melupakan mantan kita. Kita bisa saja mulai mengubah beberapa kebiasaan hidup yang sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik lagi.

Dan jika memungkinkan kita bisa menemukan orang yang tepat untuk menjadi pendamping hidup kita maka tentunya melupakan mantan akan bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan.


Konsultasikan dengan Yang Berkompeten di Bidangnya

Jika ketidakmampuan kita untuk melupakan mantan atau untuk move on menyebabkan kita cukup terganggu secara mental maka akan lebih baik jika kita kemudian berkonsultasi dengan mereka yang profesional dan kompeten di bidangnya. Misalnya saja dengan melakukan konsultasi dengan psikolog. Dengan konsultasi ini ada kemungkinan kita akan mendapatkan berbagai solusi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita.