Sebagian besar orang di dunia ini pernah mengalami masalah kesehatan pada giginya. Baik itu masalah kesehatan yang sifatnya ringan maupun berat. Penyebabnya juga cukup beragam. Mulai dari pola makan yang tidak tepat, kurang menjaga kebersihan gigi maupun karena sebab lainnya.

Dan salah satu jenis masalah pada gigi yang banyak dialami oleh orang orang adalah gigi sensitif. Gangguan kesehatan ini ditandai dengan timbulnya rasa ngilu ketika melakukan beberapa hal tertentu seperti menyikat gigi, minum air dingin, es krim dan lain sebagainya. Penyebab timbulnya gigi sensitif ini cukup beragam, diantaranya adalah karena gigi yang patah, lubang pada gigi, radang pada gusi dan lain sebagainya.

Gigi sensitif memang cukup mengganggu karena sensasi rasa ngilu yang timbul ini bisa mengganggu berbagai aktivitas kita. Karena itu penting bagi kita untuk mencegah dan mengatasi timbulnya rasa ngilu karena gigi sensitif ini.

Adapun beberapa upaya pencegahan terhadap timbulnya rasa ngilu karena gigi sensitif antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Salah satu solusi gigi ngilu yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus ketika menggosok gigi. Pemilihan pasta gigi khusus gigi sensitif ini akan bisa mengurangi rasa ngilu yang ada pada gigi. Hal ini karena pasta gigi khusus gigi sensitif biasanya mengandung formula kalsium tertentu yang mampu melindungi lapisan gigi berlubang penyebab gigi terasa ngilu serta fluoride yang mampu meningkatkan kekuatan enamel gigi.

Tentu saja penggunaan pasta gigi khusus ini tak bisa menghasilkan hasil yang instan. Perlu beberapa kali menggosok gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif sampai bisa mengurangi rasa ngilu yang ada. Dan pastikan juga kita menggosok gigi dengan cara yang benar. Dalam artian kita tidak boleh menggosok gigi terlalu keras karena bisa merusak lapisan enamel gigi. 

2. Hindari Makanan Pemicu Rasa Ngilu

Jika bisa sebaiknya hindari atau setidaknya minimalisir lah makanan makanan yang bisa menyebabkan gigi ngilu ini. Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari ini misalnya adalah makanan makanan yang terlalu dingin maupun panas, makanan makanan yang rasanya terlalu manis ataupun asam dan yang sejenisnya yang bisa menimbulkan rasa ngilu pada gigi. Atau jika terpaksa harus mengonsumsi makanan atau minuman tersebut sebaiknya segera dinetralisir seperti ketika makan atau minuman yang asam maka sebaiknya dinetralisir dengan air tawar.

Dengan menghindari makanan makanan jenis ini selain bisa mencegah rasa ngilu kita juga bisa mencegah kerusakan yang lebih parah pada gigi kita.

3. Hindari Obat Kumur yang Mengandung Alkohol

Obat kumur atau mouthwash adalah salah satu sarana yang biasa orang pakai untuk membersihkan gigi selain gosok gigi. Akan tetapi pemilihan jenis obat kumur yang salah justru bisa berpotensi merugikan kesehatan gigi dan gusi kita. Seperti misalnya penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol pada jangka waktu yang cukup lama bisa meningkatkan sensitifitas pada gigi. Dan timbullah gigi sensitif yang terasa ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.



4. Konsultasikan Ke Dokter

Apabila rasa ngilu ini sudah terasa cukup berat maka sebaiknya kita perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk bisa mendapatkan tindakan medis yang tepat. Beberapa tindakan medis yang biasa dilakukan oleh dokter untuk masalah gigi sensitif ini diantaranya adalah dengan penutupan akar gigi dengan senyawa khusus, penambalan pada gigi yang berlubang maupun pembedahan pada gusi untuk memasang lapisan pelindung.