Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia saat ini. Bahkan menurut organisasi kesehatan dunia atau WHO penyakit jantung atau kardiovaskular masih menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia.

Jenis penyakit jantung yang dialami orang orang juga tidak sama persis. Dan salah satu penyakit tersebut adalah  gagal jantung.  Gagal jantung ini bisa dialami oleh hampir semua orang baik perempuan maupun laki laki, yang tua maupun yang muda. Untuk anda yang belum begitu paham mengenai gagal jantung maka anda bisa menikmati uraian berikut ini:


Pengertian Gagal Jantung

Gagal jantung adalah gangguan atau penyakit yang terjadi pada jantung ketika jantung tidak mampu melakukan fungsi memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya. Gagal jantung bisa terjadi di beberapa bagian jantung mulai dari gagal jantung sisi kiri, sisi kanan, sistolik maupun diastolik.


Penyebab Terjadinya Gagal Jantung

Agar bisa melakukan upaya pencegahan terhadap gagal jantung maka sangat penting bagi kita untuk terlebih dahulu kenali penyebab gagal jantung. Dengan kita tahu penyebab gagal jantung ini maka kita bisa menghindarinya dan menurunkan resiko terkena gagal jantung. Adapun penyebab utama terjadinya gagal jantung adalah otot jantung yang menjadi kaku ataupun karena otot jantung yang rusak dan melemah karena penyakit lainnya. Misalnya saja karena penyakit jantung koroner. Penyakit gagal jantung bisa terjadi secara tiba tiba atau menjadi penyakit yang diderita bertahun tahun.


Gejala Gagal Jantung

Layaknya jenis penyakit dan gangguan kesehatan lainnya, gagal jantung juga memiliki gejala yang menandainya. Beberapa gejala yang dialami oleh orang yang terkena gagal jantung diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kesulitan bernafa, Sesak nafas merupakan salah satu gejala utama orang yang mengalami gagal jantung. Sesak nafas ini terjadi terutama ketika kita sedang melakukan aktivitas atau kegiatan. Untuk kasus gagal jantung yang lebih parah sesak nafas bahkan bisa kita alami meski kita sedang tidak melakukan kegiatan apapun. Terkadang sesak nafas ini juga disertai dengan keluarnya lendir.

  • Pusing, Salah satu fungsi utama jantung adalah memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh termasuk juga otak. Dan ketika mengalami gagal jantung tentunya aliran oksigen ke otak akan terhambat sehingga fungsi otak juga akan terganggu. Gangguan pada otak ini bisa mengakibatkan kita merasa pusing atau bahkan kebingungan karena otak tak bisa bekerja secara optimal.

  • Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh terutama kaki.

  • Tubuh mudah lelah karena kekurangan pasokan nutrisi dan oksigen.

  • Detak jantung menjadi lebih cepat dengan irama yang tidak teratur.

  • Tertumpuknya cairan pada tubuh. Adanya cairan ini menjadikan kita berkurang nafsu makannya. Akan tetapi disisi lain keberadaan cairan ini juga menambah berat badan kita.

Upaya Pencegahan Penyakit Gagal Jantung

Upaya pencegahan terhadap penyakit gagal jantung ini sangat perlu untuk kita lakukan. Apalagi mengingat jika gagal jantung ini belum memiliki obat yang tepat untuk dipakai. Adapun beberapa cara bisa dipakai untuk mencegah terjadinya gagal jantung diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat baik dengan makan makanan sehat secara teratur, istirahat yang cukup serta melakukan  kegiatan olahraga dan berhenti merokok. Dan karena kegemukan atau obesitas juga sering menjadi pemicu terjadinya gagal jantung maka sangat penting bagi kita untuk berat badan agar tetap ideal. Penting juga bagi kita untuk melakukan medical check up secara rutin sehingga tahu permasalahan yang dialami.