Bali memang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sering kali menjadi pilihan destinasi wisata baik untuk para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tetapi memang semenjak pandemi jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali pun ikut mengalami penurunan dikarenakan pemberlakuan kebijakan kondisi yang diberlakukan di hampir seluruh negeri.

Namun ternyata semenjak tahun 2021 yang lalu jumlah wisatawan yang mengunjungi pulau Bali pun sudah mulai mengalami peningkatan kembali. Hal tersebut terlihat dari jumlah penumpang lokal maupun asing yang datang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Seperti yang kita tahu bahwa bandara merupakan salah satu pintu masuk wisatawan yang hendak berlibur di pulau ini.

Berdasarkan data dari pihak Bandara diketahui bahwa kenaikan penumpang selama tahun 2021 mengalami peningkatan sebanyak 3 persen dibanding tahun 2020. Tentunya hal ini menjadi salah satu berita bali yang cukup baik karena artinya perekonomian di Bali pun bisa kembali meningkat seperti sedia kala.

Jika dilihat lebih detail diketahui bahwa selama tahun 2021 akhir ada sekitar 3, 7 juta penumpang domestik yang berkunjung ke Bali. Sedangkan sepanjang tahun 2020 hanya ada sekitar 3,5 juta pengunjung yang datang ke Bali. Diketahui juga jumlah pengunjung terbanyak ada di sekitar bulan Desember tahun 2021 yakni sebanyak 650 ribu pengunjung hanya dalam waktu satu bulan saja.

General Manager PT. Angkasa Pura 1 yakni Herry Siakdo mengatakan bahwa sepanjang tahun 2020 yang lalu penerbangan lebih banyak membawa logistic daripada penumpang. Namun memasuki tahun 2021 akhir penerbangan sudah mulai didominasi oleh penumpang daripada logistic. Tentunya hal ini terjadi karena memang kebijakan untuk melakukan perjalan di masa pandemic sudah lebih mudah.

Tentunya dari capaian jumlah pengunjung yang mendatangi Bandara I Gusti Ngurai Rai Bali ini, pihak bandara akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang sesuai standar protokol Kesehatan yang baik. Dengan begitu para pengunjung yang datang ke bali lewat jalur udara akan merasa aman dan nyaman selama melakukan penerbangan dan sampai setibanya di Bali.

Namun meskipun terminal penumpang domestik kini sudah mulai beroperasi secara normal kembali. Tetapi ternyata hal tersebut masih belum berlaku dengan penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sejauh ini pihak bandara masih melakukan persiapan tambahan agar bisa membuka kembali terminal penerbangan internasional.

Bahkan saat ini sejumlah simulasi juga sedang dilakukan oelh para petugas bandara demi menyiapkan dibukanya kembali terminal penerbangan internasional. Mengingat sebentar lagi juga akan digelar konferensi atau kegiatan Presidensi G20 yang akan diadakan di Bali dan diisi oleh tamu dari berbagai negara. Dengan adanya acar tersebut diharapkan bisa menjadi titik baliknya sektor pariwisata di Bali.

Untuk menyambut hal tersebut pihak pemerintah bali pun melakukan berbagai persiapan terutama dalam hal persiapan protokol Kesehatan. Hal tersebut dilakukan agar resiko penularan virus covid tidak terlalu besar dan masih bisa dikontrol. Dengan begitu semua aspek akan merasa tetap aman dalam melakukan kegiatannya.

Intinya di tahun 2022 ini pulau Bali memang sudah harus mulai mempersiapkan kembali segala sektor yang dulu saling terkait dalam pariwisata bali. Berikut sekilas tentang berita bali diawal tahun 2022, semoga saja di tahun 2022 ini ada banyak hal baik yang terjadi setelah sulitnya menghadapi kondisi pandemi selama ini.