Makanan khas Betawi biasanya banyak ditemukan pada daerah Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Mengapa disebut dengan khas Betawi, dan bukan khas DKI Jakarta atau khas Jakarta? Inilah jawaban dan rekomendasi makanan Betawi.

  1. Definisi Makanan Betawi

Makanan khas Betawi merupakan selera cita rasa masyarakat Betawi asli. Masyarakat Betawi asli biasanya memakan makanan ini sehari-hari.

  1. Rasa yang Terpengaruh dengan Aneka Budaya Heterogen

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mereka juga menyelipkan makanan khas daerah lain di makanan sehari-hari mereka. Hal ini juga dikarenakan banyaknya masyarakat daerah lain yang tinggal di Betawi/DKI Jakarta.

  1. Asin

Rasa asin adalah rasa yang paling dominan atau paling sering muncul di makanan khas Jakarta. Rasa asin bisa ditemukan di makanan Asinan Betawi, Nasi Uduk, dan lain-lain.

Rasa asin di Asinan Betawi terasa sekali, dan rasa asin di Nasi Uduk cukup terasa dengan pas sehingga rasanya nikmat untuk dimakan bersama lauknya.

  1. Pedas

Rasa pedas adalah rasa yang cukup dominan atau sering muncul di makanan khas Jakarta. Rasa pedas bisa ditemukan di makanan Asinan Betawi, Jengkol Dicabein, dan lain-lain.

Rasa pedas di Asinan Betawi terasa sekali, dan rasa pedas di Jengkol Balado juga sangat terasa. Kedua makanan tersebut sangat populer di Betawi.

Orang yang mengkonsumsi kedua makanan tersebut tidak hanya masyarakat Betawi asli, tapi juga masyarakat yang berasal dari daerah/provinsi lain yang tinggal menetap di DKI Jakarta.

Contohnya yaitu masakan ayam kecap pedas. Sajian ayam kecap pedas ini akan semakin nikmat bila disantap dengan nasi dan bersama orang tersayang.

Apalagi jika Anda adalah orang yang menyukai berbagai jenis olahan ayam. Ayam kecap pedas pun memilih tekstur empuk yang memanjakan lidah dengan bumbu yang tidak main-main rasanya.

Dijamin, sesi makan Anda akan lebih menyegarkan serta lengkap dengan kehadiran si ayam kecap pedas ini di meja makan. Apalagi jika acara makan-makan ini adalah acara makan-makan yang dihadiri banyak orang terdekat seperti keluarga dan para sahabat.

Akan tetapi jangan salah, ayam kecap pedas ini juga tak kalah dalam hal cita rasanya. Rasa gurih yang meleleh di mukut bercampur dengan rasa pedas yang menggugah.

  1. Gurih

Makanan Betawi biasanya rasanya juga gurih. Adapun rasa gurih terdapat di makanan Nasi Uduk, Kerak Telor, dan Sayur Besan. Pada Nasi Uduk, rasa gurihnya berasal dari santan, pada Kerak Telor, rasa gurihnya berasal dari ebi yang disangrai.

 

  1. Asam

Rasa asam adalah rasa yang juga muncul di makanan khas Jakarta. Adapun makanan Betawi yang terdapat rasa asamnya adalah Asinan Betawi. Pada Asinan Betawi, rasa asam cukup terasa dengan jelas dan baik. Asinan Betawi sungguh enak rasanya dan sangat terkenal.

  1. Manis

Rasa ini juga ada di makanan khas Jakarta. Adapun makanan Betawi yang ada rasa manisnya adalah Gado-Gado. Rasa manis yang muncul di makanan ini berasal dari gula jawa yang bercampur dengan bumbu kacangnya.

  1. Makanan Khas Betawi yang Paling Terkenal

Makanan Betawi yang paling terkenal adalah nasi uduk. Mengapa? Bisa diperhatikan, hampir semua daerah di Jakarta pasti ada yang menjual nasi uduk sebagai sarapan. Harganya yang terjangkau, rasanya yang sangat enak, serta kepopulerannya yang dikenal di mana-mana membuat makanan yang satu ini berjamur di kota Jakarta.

Jika Anda tertarik untuk mencoba salah satu atau lebih makanan kas Betawi ini, silahkan Anda datang ke kota Jakarta.