Daging sapi bisa diolah menjadi sup, rawon, hingga steak. Bahan makanan tersebut membutuhkan waktu masak yang cukup lama untuk empuk. Ingin membuat steak ala rumahan yang mewah? Belanja dahulu daging sapi dan bumbu-bumbunya di TaniHub. Setelah itu, baru masak dan tentukan kematangan daging yang Anda inginkan. 

  1. Tingkat Kematangan Daging 

Sebagian orang memesan steak dengan tingkat kematangan well done. Akan tetapi, steak sebenarnya memiliki lima tingkat kematangan. Rare, di mana steak akan terasa hangat dan tampak berwarna merah di bagian tengahnya. 

Bagian luar harus tetap terlihat terpanggang. Daging akan terasa lembut, seperti belum matang. Hanya bagian luarnya saja yang tampak sedikit gelap. Waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya hanyalah satu menit. 

Selanjutnya, medium rare, yang bagian tengah dagingnya masih berwarna merah. Tingkat kematangan ini umumnya digemari oleh orang Perancis. Saat disentuh, daging akan terasa padat, tetapi tetap terasa lembut di dalamnya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya adalah 2-3 menit, dengan daging yang dipanggang di setiap sisinya. Tingkat kematangan ini adalah yang paling baik dan direkomendasikan oleh chef.  

Medium memiliki warna daging yang cenderung cokelat di bagian dalamnya. Daging dimasak pada temperatur 140-150 derajat dan memiliki warna coklat cerah di bagian samping, sedikit terpanggang atau berwarna kehitaman. 

Daging dengan kematangan medium memerlukan waktu 5-6 menit untuk hasil terbaik. Tingkat kematangan ini adalah yang paling disukai oleh banyak orang. 

Medium well memiliki warna merah muda semu dan hanya di bagian tengah. Sekelilingnya akan terlihat berwarna coklat yang sudah termasak dengan baik. Meski sudah terasa padat di bagian luar, bagian dalam tetap menyisakan tekstur yang lembut. 

  1. Well Done untuk Hasil yang Paling Aman

Bagi yang ragu akan konsumsi daging merah, bisa memilih tingkat kematangan well done. Meskipun daging telah matang menyeluruh, bagian luarnya tidak boleh tampak hangus. Keseluruhan potongan daging akan berwarna coklat dan terasa padat. 

Tingkat kematangan ini tidak mudah didapat karena harus dimasak dengan api kecil dan perlahan, bagian luarnya tidak terlebih dahulu hangus. Wajan bisa dipanaskan oleh api sedang, kemudian dimasak 10-12 menit untuk setiap sisinya. 

  1. Medium Sebagai Tingkat Kematangan Terbaik

Daging sapi yang merupakan sumber protein akan mengalami degradasi ketika terkena suhu tinggi, sehingga bisa mengalami kerusakan. Tingkat kematangan steak untuk memperoleh gizi terbaik adalah medium. 

Namun, waktu yang digunakan untuk memasaknya terlalu sedikit, tidak menjamin bakterinya hilamg. Jika daging sapi yang dipakai berasal dari pertenakan terbaik dan terhindar oleh bakteri patogen, tingkat kematangan medium tetap menjadi yang terbaik. 

  1. Tata Cara Makan Steak

Di Eropa, garpu dipakai di sebelah kiri, menghadap ke bawah dan pisau di sebelah kanan. Tata cara makan steak di Amerika adalah yang sebaliknya, yakni garpu di kanan dan pisau yang dipakai untuk menahan steak. Daging sapi akan dipotong-potong kecil, kemudian garpu diletakkan di sebelah kiri. 

  1. Masak Steak Hanya Tiga Menit 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan hanyalah kentang, wortel, buncis, dan potongan daging sapi khusus steak. Daging bisa dibumbui dengan garam himalaya dan sedikit lada hitam. Setelah itu, siapkan teflon atau wajan yang telah diberikan minyak sayur. 

Panggang daging dan sesuaikan dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Goreng kentang secara terpisah. Ikutkan wortel dan buncis di samping daging, kemudian tambahkan sedikit margarin. 

Steak ternyata dapat diolah dengan mudah. Namun, bahan-bahannya yang terkadang sulit tersedia di rumah. Sedia daging sapi segar dan berbagai sayuran dengan belanja di TaniHub. Produk dikirim melalui hasil pertanian lokal dan berkualitas. Layanan terbaik diberikan untuk memuaskan para pengguna aplikasi.