Pada area perut terdapat beberapa organ yang mempunyai fungsi penting bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, kita harus peka ketika terjadi gejala ataupun keluhan yang dialami di area perut. Ya, salah satunya seperti rasa sakit perut sebelah kiri.

Menurut para pakar kesehatan, rasa sakit di area perut sebelah kiri merupakan keluhan yang paling umum terjadi. Biasanya rasa nyeri tersebut juga akan disertai dengan beragam gejala lainnya, seperti kembung, mual, dan begah. Bahkan, bisa jadi keluhan ini adalah pertanda bahwa ada masalah serius yang terjadi pada tubuh lho!

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa jenis penyakit yang gejalanya berupa rasa sakit di area perut sebelah kiri.

1. Adanya Peradangan Saluran Pencernaan

Rasa sakit di area perut sebelah kiri biasanya disebabkan oleh peradangan saluran pencernaan. Tak hanya rasa sakit di perut kiri bagian bawah, gangguan kesehatan ini juga akan disertai dengan mencret atau BAB cair, sembelit, rasa sakit saat buang air besar, perut terasa kembung terus, dan sering buang angin.

2. Penyakit Ginjal

Selain peradangan saluran pencernaan, rasa sakit di perut sebelah kiri juga bisa jadi bahwa seseorang menderita penyakit ginjal. Beberapa gangguan ginjal meliputi batu ginjal, batu saluran kemih, dan infeksi ginjal.

Pada penderita penyakit batu ginjal dan saluran kemih, biasanya si penderita akan mengalami nyeri di area pinggang, sulit buang air kecil, serta warna air kencingnya berwarna merah. Sedangkan pada penderita infeksi ginjal, maka mereka akan mengalami rasa sakit perut sebelah kiri bawah yang disertai dengan kondisi demam.

3. Hernia

Jenis penyakit yang satu ini kebanyakan dialami oleh kaum pria. Saat mengidap penyakit hernia, maka si penderita akan merasakan rasa sakit di perut sebelah kiri ketika batuk. Tak hanya itu, ada juga benjolan yang muncul di sekitar pangkal paha maupun testis.

Meski penyakit hernia ini tergolong tidak berbahaya, namun penderitanya harus tetap memeriksakan diri ke dokter. Mengapa demikian? Ya, hal itu bertujuan agar si penderita mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi.

4. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah sebuah kondisi saat indung telur muncul benjolan. Meski tidak tampak ke luar, namun benjolan tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri. Jika masalah kista ini terjadi di sebelah kiri, secara otomatis si penderitanya pun akan merasakan rasa sakit di area perut kiri bagian bawah. Bahkan, rasa sakit tersebut bisa menjalar sampai pangkal paha.

5. Serangan jantung

Angina alias serangan jantung pada umumnya memiliki gejala yang berupa rasa sakit di perut sebelah kiri dan bisa menjalar ke lengan. Namun, ada beberapa orang yang mengalami beragam gejala lainnya seperti mual, muntah, sesak nafas, dan keringat dingin. Apabila kamu merasakan gejala yang seperti demikian, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Pankreatitis Akut

Jenis penyakit berikutnya yang memiliki gejala rasa sakit di perut kiri, yakni berupa pancreatitis akut. Saat kamu merasakan rasa sakit di perut kiri, maka rasa sakitnya akan semakin menjadi di area perut kiri atas yang menjalar hingga ke punggung.

Bukan hanya itu, biasanya kondisi ini akan disertai dengan demam tinggi. Maka dari itu, segera periksakan diri ke dokter sebelum kondisinya semakin parah.