Ketika usia kehamilan menginjak trimester ke-3, pastinya perut ibu hamil akan semakin membesar sehingga tubuh terasa berat dan mudah lelah. Tak hanya itu saja, masih ada lagi beberapa perubahan kondisi lainnya yang akan dialami oleh ibu hamil di usia 9 bulan. Ya, kondisi tersebut diantaranya berupa gatal-gatal di area perut, nafas menjadi pendek, rasa nyeri di bagian panggul, sering buang air kecil, dan sering kontraksi.  Nah, secara kebetulan, pada kesempatan kali ini juga akan memberikan tips usia kehamilan 9 bulan. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini. 

1. Hindari Stress

Tips pertama yang disarankan untuk usia kehamilan 9 bulan, yakni dengan menghindari stress. Pasalnya, stress merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan ibu hamil merasakan kontraksi lebih cepat. Guna kelancaran dalam proses persalinan nanti, maka bunda dianjurkan untuk tetap bersikap tenang dan jangan terlalu banyak pikiran. Dalam hal ini, bunda harus memilih kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan bersama suami, atau hal-hal apa saja yang dapat membuat perasaan bunda menjadi lebih tenang dan menyenangkan. 

2. Mencukupi waktu Tidur

Sangat disarankan bagi ibu hamil di usia 9 bulan untuk selalu mencukupi waktu tidurnya. Ya, sebab tidur yang cukup bisa membuat bunda merasa lebih rileks sehingga akan terhindar dari stress. Selain itu, perhatikan pula posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Menurut para dokter kandungan, posisi tidur yang baik bagi kehamilan 9 bulan itu adalah berbaring ke arah kiri. Mengapa demikian? Pasalnya, hal itu bertujuan agar janin mendapatkan banyak oksigen. Tak hanya mencukupi waktu tidur, terapkan juga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berdaun hijau. 

3. Lakukan Jalan Santai di Pagi Hari

Agar proses persalinannya lancar, dianjurkan bagi ibu hamil 9 bulan untuk melakukan jalan santai setiap pagi atau di sore hari. Dalam hal ini, bunda harus berjalan dengan posisi tegak yang diiringi ayunan lengan. Supaya kegiatan jalan santainya lebih menyenangkan lagi, bunda bisa mengajak suami atau sambil mendengarkan lagu melalui headshet pada perangkat ponsel. 

4. Lakukan Olahraga Ringan 

Selain jalan santai, masih ada lagi jenis olahraga ringan lainnya yang bagus untuk usia kehamilan 9 bulan. Ya, jenis olahraga ringan lainnya yang cocok untuk ibu hamil di usia 9 bulan, yakni berenang, senam hamil, berjalan kaki, dan lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur, maka otot-otot dalam perut akan menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu proses persalinan lancar. 

5. Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Mengikuti kelas ibu hamil ini bertujuan untuk melatih diri guna menghadapi kondisi saat proses persalinan nanti. Dengan mengikuti kelas ibu hamil, tentunya bunda bisa mengetahui bagaimana cara menghadapi kontraksi tanpa merasakan panik. Tanpa rasa panik, maka proses persalinannya pun akan berjalan dengan lancar.

6. Lakukan Pijat Refleksi

Tips sehat berikutnya yang dianjurkan untuk usia kehamilan 9 bulan, yakni dengan melakukan pijat refleksi. Pasalnya, kegiatan yang satu ini diyakini dapat mengurangi rasa sakit serta membuat perasaan menjadi lebih rileks. Bunda bisa melakukan sendiri pijatan slembut pada area-area tubuh tertentu, atau meminta bantuan suami. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya bunda menggunakan jasa pijat refleksi khusus wanita. 

Nah, itulah beberapa tips sehat yang direkomendasikan bagi ibu hamil di usia 9 bulan.