Hadirnya payroll software Indonesia merubah sistem penggajian karyawan di sebuah perusahaan. Sebelum adanya software, perusahaan menjalankan sistem penggajian dengan cara manual. Menghitung gaji karyawan dengan cara manual dianggap merepotkan bagi tim personalia di sebuah perusahaan. Sebab, dalam proses pengelolaan gaji karyawan tim personalia harus mengeluarkan waktu, tenaga, dan biaya yang relatif besar. Hal ini tentu saja berdampak kurang baik pada efektifitas dan efisiensi di perusahaan tersebut. Hadirnya payroll software dianggap mampu menjadi solusi terbaik atas permasalahan ini. Tak heran kalau saat ini semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan software payroll buatan Indonesia. Lantas, apa sebenarnya alasan yang menjadikan software payroll banyak digunakan? Simak pembahasannya berikut ini!
1. Tingkat Akurasi yang Baik
Software payroll banyak digunakan dalam sistem penggajian karena tingkat akurasinya yang baik. Dalam menghitung jumlah gaji, akurasi memang menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan. Dengan akurasi yang baik, software tersebut dapat meminimalisir kesalahan dalam menghitung jumlah gaji para karyawan.
2. Mampu Melakukan Integrasi Antar Sistem Secara Otomatis
Hadirnya software payroll tentu saja akan memudahkan tim personalia dalam mengelola gaji karyawan. Sebab, software ini mampu melakukan integrasi ke beberapa sistem secara otomatis. Misalnya, software akan menghubungkan gaji para karyawan dengan e-SPT, e-banking, serta BPJS Ketenagakerjaan secara otomatis dalam satu software.
3. Dapat Mengorganisir Lembur, Cuti, dan Izin Karyawan dengan Mudah
Adanya payroll software Indonesia dapat membantu tim personalia dalam mengorganisir banyaknya jam embur, cuti, maupun potongan gaji para karyawan. Data-data terkait hal tersebut dapat terhubung langsung dengan jumlah gaji yang diterima oleh para karyawan setiap bulannya.
4. Berbasis Cloud
Hampir seluruh software payroll yang digunakan oleh perusahaan telah berbasis cloud sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun Anda inginkan selama terkoneksi dengan internet. Hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda punya kesibukan yang padat. Sebab, Anda dapat mengawasi pengelolaan gaji dimanapun dan kapanpun Anda butuhkan.
5. Pembuatan Laporan Sesuai dengan Kebutuhan
Dalam sistem penggajian karyawan di sebuah perusahan dibutuhkan laporan yang mudah untuk dibaca untuk kemudian dianalisa. Hadirnya software payroll memudahkan Anda dan pihak accounting dalam membuat laporan transaksi dan penggajian karyawan secara detail sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
6. Dapat Menyimpan Data dengan Aman
Alasan lain yang membuat software payroll banyak digunakan adalah karena kemampuannya dalam menyimpan data perusahaan yang terkait gaji karyawan dengan lebih aman. Data gaji karyawan memang sesuatu yang sifatnya rahasia dan sensitif. Karena itulah, perlu adanya sistem yang mampu menjaga kerahasiaan tersebut. Dalam software payroll terdapat pembatasan akses sehingga data-data tersebut tidak mudah tercuri oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
Itulah beberapa alasan yang membuat payroll software Indonesia banyak digunakan dalam sistem penggajian karyawan di sebuah perusahaan. Semoga infomasi ini bermanfaat.