Kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi yang terjadi satu dekade terakhir bisa dibilang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Termasuk juga dalam hal bisnis yang mereka lakukan. Misalnya saja jika dahulu kebanyakan orang berjualan secara konvensional atau secara offline, kini dengan majunya teknologi berjualan bisa dilakukan dengan cara online.

Dibandingkan berjualan secara offline tentunya berjualan online memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa kelebihan berjualan secara online tersebut misalnya adalah bisa menjangkau lebih banyak calon audience. Misalnya saja jika dulu kita berjualan secara offline hanya bisa menjangkau satu kota saja, maka kini dengan jualan online kita bisa menjangkau ke kota, provinsi atau bahkan negara lain.

Untuk berjualan secara online ada berbagi sarana yang bisa dipakai mulai dengan menggunakan media sosial, marketplace hingga menggunakan website milik sendiri. Tentunya masing masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun bagi yang ingin berjualan secara online dengan leluasa sekaligus sambil membangun brand maka menjual lewat web milik sendiri tentunya adalah pilihan yang cukup bagus. Saat kita berjualan dengan web milik sendiri maka kita bisa bebas menentukan aturan yang berlaku tanpa harus tergantung pihak lain.

Tapi tentunya untuk membangun sebuah website untuk jualan online tidak bisa sembarangan saja kita melakukannya. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Nama Domain

Nama domain yang dipakai akan sangat berpengaruh untuk usaha online kita ke depannya. Dalam pemilihan nama domain ini ada baiknya kita memilih nama domain yang brandable, mudah diingat, readable, tidak terlalu  panjang serta bebas dari hak cipta pihak lainnya. Dan kalau bisa hindari penggunaan tanda - dalam nama domain tersebut.

2. Pemilihan Hosting

Selain soal nama domain, hosting juga merupakan hal yang vital yang sangat mempengaruhi keberlangsungan web kita. Tentunya kita tidak ingin web kita sering down atau mengalami gangguan karena masalah hosting yang dipakai. Dalam pemilihan hosting ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya saja adalah soal kapasitasnya baik itu berapa storagenya, berapa bandwith hosting per bulannya. Perhatikan juga soal lokasi server dari hostingtersebut. Sebaiknya pilihlah hosting dengan server yang sesuai dengan lokasi calon visitor yang kita targetkan. Misalnya saja kita akan membuat website dengan target pengunjung berasal dari indonesia maka pilihlah hosting indonesia dengan server IIX. Demikian juga sebaliknya. Pastikan juga keamanan dari hosting yang kita pakai ini terjamin, sehingga meminimalisir terjadinya serangan ke web kita baik dalam bentuk malware, hacking , ddos maupun yang lainnya. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak layanan hosting yang bisa anda pakai untuk membuat website salah satunya adalah Qwords.

3. Platform Web yang Digunakan

Untuk membuat sebuah website jualan ada berbagai platform yang bisa kita pilih. Jika kita memang termasuk orang yang paham dengan coding website dan ingin website kita beda dengan web lainnya maka kita bisa membuat sendiri web tersebut dari awal. Akan tetapi jika kita ingin membuat sebuah website dalam waktu yang cepat maka kita bisa menggunakan aneka cms yang sudah tersedia saat ini. Ada beberapa CMS yang cocok untuk kita gunakan dalam pembuatan web untuk jualan misalnya saja prestashop, magento, atau bahkan bisa menggunakan CMS sejuta umat wordpress yang dikombinasikan dengan berbagai plugin yang ada seperti wocommerce.

4. Metode Generate Trafik yang Dipakai

Setelah web jadi maka hal selanjutanya yang perlu kita lakukan adalah mendatangkan visitor ke web kita tersebut. Ada berbagai metode untuk mendatangkan visitor ini baik yang organik atau menggunakan iklan. Masing masing tentu punya keunggulan dan kelemahan tersendiri. Mendatangkan visitor dengan metode organik seperti SEO tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama namun jika sudah berhasil kita tinggal menikmati saja hasilnya. Sedangkan jika menggunakan metode iklan entah itu adwords, fb ads ataupun yang sejenisnya kita bisa menatangkan visitor dalam watu yang cukup singkat akan tetapi memiliki kelemahan yakni kita harus membayar dan jika budgetiklan habis maka bisa saja tak ada visitor yang datag ke website kita.