Inilah Toyota 86, Mobil Balap dengan Harga di Bawah 800 Juta

mobil balap

Bisa dibilang saat ini mobil balap merupakan salah satu jenis mobil yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Dengan desain mobil balap yang rata rata memang menawan dan ditambah mampu dipacu dalam kecepatan tinggi menjdikan banyak orang yang berminat untuk memilikinya. Meski demikian ada satu hal yang cukup menghambat orang untuk memiliki mobil jenis ini yakni harganya yang termasuk sangat mahal bahkan bisa mencapai miliaran atau lebih.

Cukup banyaknya orang yang berminat dengan mobil balap ini menjadikan banyak pabrikan mobil yang kemudian secara khusus memproduksi mobil jenis balap. Sebagai salah satu contoh adalah toyota yang merilis toyota 86 sebagai mobil balap mereka. Mobil yang merupakan hasil kerjasama antara toyota dengan subaru ini juga bisa dibilang merupakan salah satu mobil balap dengan haga cukup murah yang ada saat ini. Dengan harganya yang kurang dari 1 miliar (toyota 86 rata rata dijual dengan harga 750an juta) tentunya menjadikan harga toyota ini berselisih cukup jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil mobil balap lainnya.

Toyota 86 yang mulai dipasarkan sejak tahun 2012 dan masih eksis samapi saat ini dengan berbagai pengembangannya ini tersedia dalam beberapa pilihan warna diantaranya adalah Crystal Black Silica, Pure Red, Dark Grey Metallic, Crystal White Pearl, Ice Silver Metallic, dan Lapis Blue Pearl. Sebagai mobil yang dirancang untuk balap tentunya faktor aerodinamika menjadi pertimbangan penting dalam desain mobil toyota 86 ini sehingga bentuknya yang aerodinamis dengan ukuran yang pas menjadikan salah satu hal yang penting bagi mobil ini. Untuk ukuran atau dimensi dari toyota 86 ini adalah memiliki ukuran panjang panjang 4.240 mm dengan lebar lebar 1.775 mm dan tinggi dari mobil ini adalah 1.320 mm. Jarak sumbu roda atau wheel base pada toyota 86 sendiri adalah sebesar 2570 mm dan memiliki jarak pijak depan 1,520 dan jarak pijak belakang belakang 1,540 mm. Pada bagian eksterior dari toyota 86 ini ketara sekali bahwa toyota memang mendesain mobil ini dengan gaya yang cukup sporty jika dilihat dari bumper maupun grillnya. Untuk lampu lampu mobilnya snediri toyota juga membenamkan desain terbaru pada mobil toyota 86 ini.

Meski merupakan mobil balap toyota juga tidak melupakan faktor kenyamanan dalam mengemudi. Karena itulah interior dari mobil toyota 86 ini dirancang sedemikain rupa sehingga tetap nyaman dan terlihat mewah. Dua bangku bergaya balap dengan balutan warna hitam dan merah ada di kabin dari mobil ini. Pada bagian dalam mobil ini tentunya juga ada aksesoris aksesoris penting lainnya seperti speedometer balap dan yang sejenisnya.

Untuk chasis dari mobil ini tersedia 2 pilihan sesuai tipe mobilnya yakni 6-Speed M/T untuk toyota 86 tipe manual dan 6-Speed A/T untuk toyota 86 utomatic dan automatic trd. Untuk menunjang kenyamanan dari penggunanya toyota juga membenamkan suspensi yang lumayan bagus yakni McPherson Strut untuk suspensi depan dan Double Wishbone untuk suspensi belakang.

Mobil mobil dengan kecepatan tinggi seperti toyota 86 ini tentunya dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap seperti Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control (TRC), dan teknologi Vehicle Stability Control (VSC). Di samping itu toyota 86 juga dilengkapi dengan air bag pada bagian depan dan sisi mobil sehingga bisa lebih aman ketika terjadi benturan.

Beralih ke bagian mesin, mobil toyota 86 ini menggunakan mesin dengan tipe Boxer 4 Cylinder DOHC. Mesin dari toyota 86 ini memiliki torsi maksimal 20,9/6.600 kgm/rpm. Sedangkan untuk kapasitas dari mesinnya sendiri adalah 1998 cc.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *