Menggunakan Font Keren Untuk Desain Kita

font keren

Menggunakan font keren untuk keperluan desain entah itu desain grafis maupun desain website merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan oleh para desainer. Penggunaan font keren ini bisa dibilang mampu meningkatkan nilai desain yang sedang dikerjakan. Sebuah karya yang sebenarnya biasa biasa saja bisa jadi berubah menjadi menarik dengan menggunakan jenis font yang tepat dan demikian juga sebaliknya. Dan karena cukup pentingnya peranan dari font ini dalam sebuah desain maka tidak mengherankan jika banyak desainer yang memerlukan waktu cukup panjang dalam menentukan jenis font yang akan digunakan dalam karyanya.

Tentunya mereka membutuhkan waktu yang cukup banyak ini karena harus mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan pemakaian font untuk sebuah desain. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dperhatikan tersebut antara lain adalah :

Pemilihan Jenis Font yang Akan Dipakai
Hal yang sangat penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jenis font yang akan dipakai adalah soal readibilitas dari font yang akan dipakai tersebut. Readibilitas atau keterbacaan ini menjadi penting karena sebuah desain sebenarnya tak hanya melulu soal tampilan saja akan tetapi sebuah karya desain juga merupakan sebuah seni komunikasi yang mampu meyampaikan pesan kepada penikmatnya. Jadi akan menjadi percuma jika seorang desainer menggunakan jenis font yang tampaknya keren akan tetapi tidak bisa dibaca dengan mudah. Karena ada beberapa jenis font yang antara huruf I, l. 1 mempunya bentuk yang sama maka sebaiknya hindarilah penggunaannya agar tidak membingungkan orang yang melihatnya. Untuk pemilihan jenis font ini juga harus memperhatikan jenis font yang dipakai dengan desain secara keseluruhan sehingga font yang dipilih ini bisa serasi dengan 
desain yang dibuat. 

Susunan Font
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan font untuk desain adalah soal susunan font yang dipakai. Untuk susunan font ini yang perlu diperhatikan adalah jarak antar font yang satu dengan yang lainnya atau kerapatan font. Untuk kerapatan font tracing sendiri bisa dibagai menjadi Very Tight, Tight, Normal, Loose, dan Very loose. Kerapatan huruf yang tepat ini menjadikan hsil desain lebih bagus dan dengan adanya jarak antar font ini maka memungkinkan untuk disisipi entah itu background atau hal lain yang dirasa diperlukan. Dan jika tulisan yang ada terdiri dari beberapa baris maka perlu juga diperhatikan jarak antara barisan font yang satu dengan barisan font lain di bawahnya.

Kombinasi Penggunaan Font
Penggunaan font yang isinya kombinasi antara upper case dan lower case (huruf besar dan huruf kecil) dalam proporsi yang tepat tentunya akan menjadikan karya menjadi lebih baik. Dan jika dalam desain misalnya desain web diperlukan penggunaan huruf miring (italic), bold (tebal), underline (huruf miring) maka pergunakanlah dengan memperhatikan proporsionalitas serta [engaruhnya terhadap desain secara keseluruhan.

Warna Font yang Dipakai
Agar hasil desain kita terlihat profesional maka pemilihan kombinasi warna yang tepat adalah hal yang perlu untuk dilakukan oleh para desainer. Dalam pemilihan warna font ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya saja soal audiens dari hasil desain yang dikerjakan tersebut, dan juga konsep dari desain yang dikerjakan. Untuk masalah warna ini kita tidak harus menggunakan semua warna yang ada akan tetapi hanya menggunakan warna warna  font yang cocok dengan isi atau konten dari karya desain kita tersebut.

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *