Ini Dia Beberapa Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Ibu Hamil

Zat besi adalah sebuah zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dimana zat ini memiliki peranan penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah dalam tubuh manusia inilah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Jika kandungan zat besi dalam tubuh manusia tidak terpenuhi dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa rasa lemas dalam tubuh akan dirasakan, karena sel darah merah pengangkut oksigen tidak terbentuk dengan maksimal. Zat besi dalam tubuh ini akan lebih banyak dibutuhkan oleh mereka ibu hamil, dimana kebutuhan yang harus dipenuhi tidak hanya bagi tubuh mereka sendiri tetapi juga harus disediakan bagi janin yang sedang dikandung.

Zat besi bagi ibu hamil sangat diperlukan, sebagai pembentuk sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan janin yang ada dalam kandungannya. Jika kadar zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak terpenuhi dengan baik, maka pembentukan sel darah merah akan mengambil zat besi yang tersimpan dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya anemia yang memang banyak dialami oleh para ibu hamil. Menurut berbagai catatan, diperkirakan hampir setengah dari jumlah ibu hamil yang ada, mengalami permasalahan anemia karena kekurangan zat besi.

Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia inilah, yang mengharuskan para ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memang mengandung banyak zat besi didalamnya. Selain makanan supplement khusus yang banyak mengandung zat besi pun dapat dikonsumsi, dengan catatan bahwa Anda telah mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan Anda. Berikut ini beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi dan baik untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

  • Bayam.
  • Daging merah dan kerang.
  • Jenis kacang-kacangan terutama kedelai.
  • Sereal dengan kandungan zat besi tinggi.

Selain jenis makanan tersebut supplement zat besi pun dapat dikonsumsi, untuk menjaga asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Ingatlah selalu pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, agar nantinya tubuh tidak mudah lemah dan tumbuh kembang janin tetap terjaga. Selalu jaga kondisi tubuh dan perhatikan pola makan Anda.




Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *