Tips Mencuci Mobil yang Tepat


Tampilan luar dari sebuah mobil merupakan hal pertama yang akan orang perhatikan pada sebuah mobil. Sebagus apapun spek dan desain dari sebuah mobil, jika kondisinya tidak terawat dan kotor maka mobil tersebut tetaplah tidak enak untuk dipandang. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil hendaknya kita selalu membersihkan mobil dengan melakukan pencucian mobil secara rutin. Terlebih lagi di musim penghujan seperti sekarang, tentunya mobil akan lebih rentan kotor karena banyaknya kemungkinan cipratan air kotor saat berada di jalan.

Mencuci mobil sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup sederhana dan hampir bisa dilakukan oleh semua orang. Meski demikian, jangan pernah sembarangan dalam melakukan pencucian mobil. Karena jika pencucian mobil dilakukan secara sembarangan, mobil tidak akan bersih, ditambah lagi kesalahan itu juga berpotensi merusak baik tampilan maupun mesin mobil. Nah, salah satu contoh kesalahan yang bisa dilakukan dalam mencuci mobil adalah langsung menyemprot semua bagian mobil secara sembarangan yang dapat memicu konsleting pada bagian kelistrikan mobil. Oleh karena itu, kita harus mencuci mobil dengan cara yang tepat. Lantas, kali ini akan saya berikan beberapa hal perlu diperhatikan sebelum melakukan pencucian mobil:

Pilihlah Tempat dan Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Mobil

Dalam mencuci mobil kita perlu hendaknya menghindari lokasi yang akan terpapar teriknya matahari secara langsung karena panas matahari yang berlebih dapat membuat sabun mobil terlalu cepat kering. Hal itu dapat menimbulkan noda pada permukaan mobil. Oleh karena itu, cucilah mobil di lokasi yang cukup teduh atau pada pagi maupun sore hari.

Gunakanlah Air yang Bersih

Jangan asal-asalan dalam menggunakan air saat mencuci mobil. Misalnya saja, di beberapa daerah, penggunaan air sumur untuk mencuci mobil malah akan menimbulkan jamur karena air sumur yang dipakai kurang bersih. Air yang memiliki keasaman cukup tinggi juga berbahaya untuk cat mobil karena bisa menyebabkan warna cat mobil menjadi kusam.  Karena itu, pakailah air yang benar-benar bersih misalnya air dari PDAM yang telah melalui berbagai proses pengolahan dan penyaringan.

Gunakan Sabun Pencuci Mobil yang Tepat.

Agar mobil yang dicuci bisa menjadi lebih kinclong, penggunaan sabun mobil sangat diperlukan. Lantas, untuk mencapai hasil yang maksimal maka sabun mobil yang dipilih harus memenuhi kriteria sabun yang baik. Sabun cuci yang dipakai hendaknya harus mengandung brightening agent yang berfungsi untuk mencerahkan bodi mobil. Pastikan juga ph atau tingkat keasaman dari sabun mobil seimbang sehingga penggunaan sabun cuci ini tidak akan merusak atau mengikis cat pada mobil. Oh ya, kita juga perlu memerhatikan kandungan sabun tersebut sebelum membelinya. Jangan sampai kita sudah keburu membeli sabun tersebut dan menyesal setelah bodi mobil sudah ruak. Hindari juga sabun yang mengandung silikon karena silikon ini bisa berbahaya untuk cat mobil karena kandungan ini bisa menyebabkan cat mobil mengelupas ataupun pudar. Dalam penggunaan sabun cuci mobil ini kita juga tidak bisa langsung mengaplikasikannya secara langsung ke mobil. Kita perlu pastikan bahwa mobil sudah bersih dari kotoran karena jika tidak kotoran yang masih ada pada mobil bisa menggores permukaan cat mobil.

Pilihlah Peralatan yang Sesuai

Pergunakanlah peralatan cuci mobil yang memang telah memenuhi standar dan dikhususkan untuk mencuci mobil. Misalnya saja, untuk  spon maupun lap yang dipakai, pilihlah varian yang memiliki permukaan lembut sehingga body mobil yang dicuci tidak tergores. Demikian juga dengan penyemprot yang dipakai yang harus memiliki tekanan yang pas.

Pahami Bagian Bagian Mobil yang Dicuci


Sebelum kita mencuci mobil hendaknya kita harus memahami bagian-bagian mana dari mobil yang boleh terkena air dan bagian mana yang tidak boleh terkena air. Bagian-bagian yang tidak boleh terkena air ini misalnya adalah bagian mobil yang terkait dengan kelistrikan. Kita harus paham juga cara yang benar dalam mencuci baik bagian eksterior maupun interior mobil, karena bagian yang berbeda bisa saja cara pencuciannya juga berbeda. Misalnya, untuk membersihkan bagian roda mobil tentu berbeda caranya dengan pembersihan body mobil.

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *