Usaha yang Laris di Bulan Puasa

Kue kering bazar Ramadhan Semarang
Tak terasa dalam waktu dua bulan lagi kita akan segara memasuki bulan suci ramadhan. Bagi sebagian pelaku usaha di bidang tertentu bulan ramadhan ini seringkali dianggap sebagai waktu panen bagi usaha mereka, karena saat itu penjualan dagangan meraka akan naik secara drastis. Besarnya perputaran uang di bulan ramadhan tentu merupakan salah satu hal yang cukup menggiurkan untuk kita  ikut berpartisipasi di dalamnya.  Jika kita pun ingin membuka sebuah bisnis musiman di bulan ramadhan maka tidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Persiapan ini bisa dari mulai mengumpulkan modal, menentukan kira kira usaha apa yang akan kita lakukan dan juga menentukan cara melakukan usaha tersebut.

Jika saat ini  kita masih bingung usaha apa yang akan kita jalankan di bulan ramadhan yang sekiranya laris, berikut ini saya tuliskan beberapa jenis usaha yang memiliki potensi besar saat dijalankan di bulan ramadhan, beberapa diantaranya juga berpotensi untuk laris meskipun dilakukan di luar bulan ramadhan. Usaha usaha tersebut diantaranya adalah :

- Jualan Makanan Untuk Berbuka dan Sahur
Karena kesibukannya yang cukup padat banyak diantara kita yang tidak sempat untuk menyiapkan makanan baik untuk berbuka maupun untuk sahur. Hal ini tentunya membuka peluang usaha bagi kita untuk berjualan makanan baik makanan besar maupun makanan kecil dan aneka minuman. Jika kita memang tidak bisa masak kita bisa saja bekerjasama dengan teman atau keluarga kita yang pintar masak, mereka yang memasak kita yang memasarkannya. 

- Berdagang Pakaian
Di Indonesia bulan puasa dan lebaran hampir selalu identik dengan pakaian baru sehingga usaha jualan pakaian adalah salah satu yang berpotensi untuk menangguk keuntungan cukup besar. Beberapa metode dapat kita lakukan dalam berjualan pakaian ini mulai dari berjualan di kios kios di pasar, berjualn keliling dari satu tempat ke tempat lainnya hingga berjualn secara online. Di bulan ramadhan biasanya pakaian muslim baik laki laki maupun perempuan adalah jenis pakaian yang paling banyak terjual di samping pakaian anak anak. Usaha ini pun bisa terus kita jalankan meskipun nantinya bulan ramadhan sudah lewat.

- Jualan Kue Lebaran
Untuk usaha jualan kue lebaran ini biasanya akan laris di penghujung akhir ramadhan. meskipun ada pula yang sudah memesan jauh jauh hari di awal ramadhan. Beberapa jenis kue yang cukup laris di pasaran adalah nastar dan kastengel.

- Usaha Agen Tiket
Karena lebaran di sini juga selalu identik dengan mudik maka tiket perjalanan baik kereta api, bus maupun pesawat merupakan salah satu hal yang banyak diburu oleh masyarakat yang akan mudik. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mulai berjualan tiket tiket tersebut. Yang perlu diingat jika kita jualan tiket kereta api kita harus siap begadang karena biasanya tiket dijual mulai jam 00.00 dan harus siap berebut karena dalam waktu tidak sampai satu jam tiket kereta untuk mudik biasanya sudah habis. oh ya untuk tiket kereta pembelian sudah bisa dilakukan di hari H-90 dari waktu perjalanan.

- Bisnis Parcel
Tradisi saling mengirim parcel antar kerabat dan kolega saat lebaran juga memberi peluang bagi kita untuk membuka usaha di bidang ini. Untuk membuka usaha di bidang ini jika kita mengerjakannya sendiri maka hak yang patut diperhatikan adalah faktor kerapian dan kerajinan dalam penataan parcel.

Nah demikianlah sedikit diantara beberapa jenis usaha yang bisa anda jalankan di bulan ramadhan nanti. Semoga bermanfaat untuk anda sekalian.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *