Cara Tepat Mengatur Gaji Bulanan Supaya Awet


Bekerja adalah salah satu cara manusia untuk bertahan hidup, sebab dengan bekerja dan memanfaatkan potensi yang kita miliki, maka kita bisa mendapatkan upah dari pekerjaan yang telah kita lakukan. Dengan upah atau gaji itulah, kita bisa membeli berbagai macam barang yang kita butuhkan. Dari mulai makanan sehari-hari, pakaian, aneka alat elektronik sampai rumah dan kendaraan pribadi.

Tetapi ada kalanya gaji yang kita dapatkan per bulan itu, tidak bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika sudah berkeluarga, banyak sekali kebutuhan ini dan itu yang mendesak dan bisa mengacaukan anggaran biaya yang sudah kita atur sedemikian rupa. Tapi jangan khawatir, kita bisa kok mengatur gaji bulanan supaya bisa tetap awet sampai akhir bulan. Caranya adalah sebagai berikut ini :
  • Buat anggaran per bulan : rencanakan anggaran dengan baik. Anggarkan biaya untuk membayar tagihan listrik, PDAM, Telkom dan juga aneka cicilan. Pastikan ada anggaran untuk biaya tak terduga.
  • Segera membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Jangan biarkan tagihan melewati tanggal jatuh tempo, karena akan membuat tagihan jadi makin besar akibat denda. Makin lama menunggak, makin besar denda yang harus kita bayar.
  • Sisihkan untuk menabung. Walau tak bisa menabung dalam jumlah besar, setidaknya sisakan seratus atau dua ratus ribu Rupiah untuk bekal di masa yang akan datang. Boleh juga menyisihkan dari sisa uang belanja yang ada dalam kantong. Jadi tiap habis belanja, ada uang kembalian atau sisa belanja langsung dimasukkan ke dalam tabungan.
  • Buat laporan harian. Bukan cuma lulusan Ekonomi yang bisa melakukan ini, kita juga bisa membuat laporan keuangan per hari. Cukup catat semua pengeluaran kita dalam satu hari, samakan dengan jumlah uang yang sudah kita keluarkan dan beres. Kita bisa mengontrol pengeluaran kita sendiri dengan baik.
  • Miliki dua rekening yang berbeda. Hal ini berfungsi untuk menyimpan uang supaya lebih awet dan bisa digunakan untuk keperluan yang sudah ditentukan. Misalnya ATM A untuk membayar semua tagihan, sementara dana di ATM B untuk keperluan pribadi. Secara otomatis kita tak akan penasaran untuk menghabiskan semua sisa uang yang ada.
  • Berbelanja di momen Harbolnas. Pastikan kita berbelanja pada momen yang tepat, di tempat yang tepat pula. Momen spesial Hari Belanja Nasional di akhir tahun ini akan memberikan banyak keuntungan untuk kita semua. Dari mulai diskon yang sampai 90%, macam-macam promo sampai free ongkir bisa kita dapatkan. Tetapi, pilih penyelenggara pesta diskon akhir tahun yang terpercaya, supaya kita tidak merasa dirugikan karena kesalahan dari pihak panitia.
  • Investasi. Nah, yang terakhir ini sama dengan menabung, hanya saja ia akan memberikan uang atau emasnya pada pihak Bank untuk ditabung, supaya bebas dari pandangan jahat pelaku tindak kriminal yang mengincar harta tersebut
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *