Pengertian Gelombang dan Jenis Jenis Gelombang

Pengertian Gelombang
Gelombang adalah sebuah getaran yang merambat baik itu melalui media perantara maupun tanpa media perantara.

Jenis - Jenis Gelombang

1.) Menurut Medium Perambatannya
a. gelombang mekanik yaitu gelombang yang memerlukan medium perambatan. contoh : gelombang bunyi, gelombang tali dan gelombang slinki.
b. gelombang elektromagnet yaitu gelombang yang tidak memerlukan medium dalam perambatannya. contoh : gelombang cahaya.

2.) Menurut Arah Getarannya
a. gelombang Transversal yaitu gelombang yang arah rambatnya tegal lurus terhadap arah getarannya. gelombang transversal hanya dapat terjadi pada benda padat. dalam gelombang ini akan terjadi bukit dan lembah gelombang. contoh gelombang transversal : gelombang tali dan gelombang pada air.
b. Gelombang Longitudinal yaitu gelombang yang arah getarannya berhimpitan dengan arah rambatnya. gelombang longitudinal terjadi karena ada rapatan dan renggangan. perapatan dan perenggangan dapat terjadi pada semua wujud zat. jadi gelombang longitudinal dapat merambat pada zat padat, cair maupun gas. contoh gelombang longitudinal adalah : gelombang slinki.

3. )Menurut Amplitudo nya
a. gelombang berjalan yaitu gelombang yang memiliki amplitudo tetap di setiap titik yang dilalui contoh : gelombang pada tali.
b. gelombang stasioner yaitu gelombang yang memiliki amplitudo tidak tetap / berubah ubah pada setiap titik yang dilalui contoh : gelombang pada dawai gitar yang dipetik.

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *