PENCEMARAN TANAH

Pengertian Pencemaran Tanah
Menurut wikipedia bahasa indonesia Pencemaran tanah adalah suatu keadaan dimana bahan bahan kimia buatan manusia masuk atau mencemari tanah dan mengubah kondisi lingkungan tanah menjadi tidak alami lagi..
Penyebab Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah disebabkan oleh berbagai macam  limbah seperti misalny limbah rumah tangga,limbah  pertanian, limbah industri,  dan bahan bahan pencemar lainnya yang tidak dapat diuraikan oleh mikro organisme. Pemakain pupuk kimia secara terus menerus misalnya dapat mengakibatkan tanah menjadi terlalu asam sehingga oksigen tidak dapat masuk ke dalam tanah dan mengubah struktur tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah.
Cara Mencegah dan Mengatasi Pencemaran Tanah
  • Limbah rumah tangga dan juga limbah industri yang mempunyai potensi untuk mencemari tanah dapat diatasi dengan menjadikannya bahan baku pembuatan pupuk kompos ataupun dibuat menjadi biogas untuk bahan bakar.
  • Bahan bahan pencemar tanah yang berupa bahan yang tidak dapat diuraikan oleh mikro organisme seperti misalnya sampah plastik, karet , logam maupun kaca. Sampah jenis ini dapat diatasi dengan melakukan proses daur ulang, mengurangi penggunanya dan menciptakan bahan sejenis yang dapat terbiodegradable (mudah terurai oleh mikro organisme)
  • pencemaran yang disebabkan oleh zat zat kimia buangan dari sisa produksi industri dapat diatasi dengan membuat tempat khusus Untuk pembuangan limbah kimia sehinga limbah kimia tersebut tidak meresap ke dalam tanah.
Blogger
Disqus

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *